LBM Menulis: Ikan Asin Paling Manis by Zaenal Abidin (Cerpen)

ikan animasi anak

Hi guys, tahu atau pernah dengar tentang ikan asin yang rasanya manis? (belum?) Ya sudah yuk kita bayangkan bersama bagaimana rasanya ikan asin tapi manis? Hmm, bingung yah, kira-kira ada yang buat atau tidak yah? (diadakan saja deh khusus buat kamu *bisikan orang alay*)

Buat gambaran teman-teman semua aja nih, rasanya ikan asin yang manis itu kayak kamu makan garam pake gula (yaiyalah).😀

*****

Di akhir bulan Januari 2011 pasukan pemuda-pemudi ber-JAS datang secara tiba-tiba ke sekolahan para ikan asin dengan gagahnya. Ada apa sih? Pikir kami semua tumben-tumben ada mahasiswa ke sekolah kita para ikan asin. Mereka pun masuk ke kelas kami para ikan asin yang paling asin (aku kelas 12 jadi aku sama teman-teman otomatis paling asin, maklum senior guys), ternyata oh ternyata mereka semua adalah mahasiswa dari salah satu universitas negeri di kota bandung yang berniat untuk men-sosialisasikan sebuah program Beasiswa dari DIKTIyaitu BIDIK MISI.(Ooooh)Sebuah beasiswa untuk para siswa SMA yang mau melanjutkan kuliah ke Perguruan Tinggi tetapi tidak mampu untuk membayar biaya kuliah atau dengan kata lain kurang mampu dalam segi hal ekonomi dengan catatan mempunyai prestasi. *nahloh

BIDIK MISImemberikan sebuah gula kepada kami yang setidaknya akan memudarkan sedikit kadar ke-asin-an kami si para ikan asin. Tapi gula itu ternyata takarannya hanya sedikit untuk sekolah asin kami (SMA KP CICALENGKA, itu nama sekolah aku ‘si ikan asin’ guys :D) yaitu hanya 5 persen untuk setiap kelasnya karena sekolah kami belum terakreditasi. *miris*. Pada waktu itu kelas aku ‘SEDAN – Sosial EDAN’berjumlah 26 orang, jadi 5 persen dikali 26 yaitu hanya 1 Orang saja berarti hanya yang Ranking 1 ketika Semester 1 kelas 12 saja, dan kesempatan kelas ku jatuh pada si ikan asin jambalyaitu aku sendiri. Ya, akulah si ikan asin yang berasal dari keluarga pas-pasan dengan Ayah yang hanya bekerja sebagai buruh bangunan, tetapi tidak menghalangi sedikit pun keinginan si ikan asin untuk kuliah. (“Dalam hidup, tak ada yang tak mungkin – semesta mendukung”) *Enthusiasm*.

Akhirnya, si ikan asin mengikuti program BIDIK MISI dan tercatat sebagai pelamar beasiswa BIDIK MISI dengan memilih dua universitas yang berada di Bandung.

*****

Hari itu tiba, Kamis tanggal 19 Mei 2011, tahu tidak hari itu hari apa? (lagi mikir yah?) Hari itu adalah hari dimana pengumuman SNMPTN UNDANGAN ! (WOW) Yups, aku deg-degan guys, soalnya nasib si ikan asin dipertaruhkan, karena ketika itu aku hanya seonggok ikan asin yang begitu asin dan hanya bisa berharap lolos untuk bisa berkuliah di salah satu perguruan tinggi negeri di Bandung dengan mengambil pilihan jurusan Hubungan Internasional dan Sosioogi serta hanya ber’tittle’kan calon penerima Beasiswa BIDIK MISI (itu belum pasti loh guys). Ketika aku buka pengumumannya disana tertulis “MAAF ANDA BELUM LOLOS”. Kalimat itu begitu asin walaupun bagi seonggok ikan asin, dan lagu SHEILA ON 7 – PASTI KU BISA mendadak menjadi Sound Track kehidupan si ikan asin, dengan liriknya“Lihat apa yang terjadi dengan semua rencana ku, hancur semua berantakan..”*mendadak melow*

Benar saja lagu SHEILA ON 7 itu memang benar-benar jadi Sound Track kehidupan si ikan asin dengan lanjutan liriknya “…Pasti ku bisa melanjutkannya, Pasti ku bisa menerima dan melanjutkannya Ooh pasti ku bisa menyembuhkannya, Cepat bangkit dan berfikir, Semua tak berakhir disini..”

“Apa pun hambatannya, bilang sama diri kamu sendiri, kalo kamu percaya sama keinginan itu dan kamu nggak bisa menyerah – 5cm “

Ikan asin pun bangkit walaupun dengan kadar asin yang bertambah lagi, karena ternyata masih ada kesempatan di SNMPTN TULIS. Akhirnya, ikan asin mengikuti SNMPTN TULIS dengan bermodalkan tabungannya yang hanya 175ribu, dan memutuskan mengambil TIKETIPS dengan harga 150ribukarena 25ribu lagiikan asin gunakan untuk ongkos test, karena ikan asin tidak bilang ke orangtuanya untuk ikut SNMPTN TULIS dengan alasan tidak ingin mengecewakan orang tuanya untuk ke-dua kalinya dengan ke tidak lulusannya.

*****

Tertanggal 29 Juni 2011 pengumuman hasil testSNMPTN TULISpun tiba. (WOW). Yups, ikan asin pun deg-degan untuk kedua kalinya dalam 3 bulan terakhir, dan ini benar-benar kesempatan terakhir untuk si ikan asinmerubah ‘tittle’nya menjadi si ikan asin paling manis. Hasil pengumumannya adalah “SELAMAT, ANDA DITERIMA DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA JURUSAN PGSD KAMPUS CIBIRU”.

Alhamdulilah, tak henti-hentinya rasa syukur terucap dari mulut ikan asin atas karunia Allah SWT atas rahmat-Nya yang telah memberikan gula untuk mengurangi kadar ke-asin-an si ikan asin. Lalu ikan asin menyusuri apa saja yang harus dilakukan selanjutnya, dan ikan asin kembali merasa bertambah kadar ke-asin-annya ketika membaca biaya yang harus dia bayar yaitu sebesar RP. 10.565.000,- . “Astagfirullah, saya tahu pendidikan itu mahal, tetapi kenapa kemahalan ini harus dirasakan oleh saya si ikan asin”tiba-tiba terlontar kalimat keluhan dari si ikan asin seakan dia kufur nikmat atas karunia-Nya yang baru saja dia terima. (Semoga kita semua tidak termasuk kepada golongan orang-orang yang kufur nikmat. Amiin😀

 

“Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” (QS. Ar-Rahman ayat 13)

Tersuratlah BIDIK MISI kembali di pengumuman online ketika itu, bahwasanya akan ada seleksi untuk mahasiswa yang sudah diterima di UPIyang tidak bisa membayar biaya kuliahnya, dan dengan bermodalkan nomor seleksi BIDIK MISIketika SNMPTN UNDANGANikan asin pun kembali menggantungkan nasibnya kepada hasil seleksi yang diumumkan nanti.

*****

Selama masa penantian pengumuman SNMPTN TULIS dan BIDIK MISI, ikan asin tak henti-hentinya berdo’a kepada Allah agar diberikan keputusan yang terbaik dari Allah(“Semoga Tuhan ngasih yang terbaik buat gue :’) – Garuda di Dadaku”), dia selalu mendirikan sholat tengah malam dan sholat dhuha ditemani oleh Bidadari Surganya yaitu Ibundanya Sendiri. “Karena rencana kita memang indah, tetapi rencana Allah jauh lebih indah”.

“Tugas kita hanya sampai usaha dan doa, serahkan kepada Tuhan selebihnya! -Negeri 5 Menara”

*****

12 Juli 2011 merupakan hari terindah bagi si asin karena ternyata pada akhirnya si asin lolos verifikasi data Beasiswa BIDIK MISI di UPI dengan jurusan PGSD KAMPUS CIBIRU dengan 11 orang lainnya di jurusan yang sama. “Sesuatu memang akan indah pada waktunya”

Kadar ke-asin-an si ikan asin sekarang benar-benar berkurang karena tergantikan oleh rasa manis dari gula yang diberikan oleh ALLAH SWT melalui DIKTI yaitu BIDIK MISI.

BIDIK MISI memang mempunyai sihir yang begitu dahsyat, buktinya dia bisa membuat ikan asin yang sangat asin menjadi ikan asin yang paling manis. Ikan asin itu pun makin bertambah manis dengan gula–gula yang ia dapatkan yaitu dia jadi ketua angkatan di UPI KAMPUS CIBIRU, dia jadi peraih IPK tertinggi sementara di jurusannya. Sekarang dan selanjutnya ia akan tetap menjadi ikan asin, tetapi dia akan menjadi ikan yang paling manis di dunia karena akan semakin banyak gula yang ia raih.😀.

Ikan asin pun hanya bisa bilang “TERIMA KASIH YA ALLAH DENGAN BIDIK MISI DARI DIKTI, KARENA TELAH MEMBUAT AKU YANG SANGAT ASIN, MENJADI IKAN ASIN YANG PALING MANIS :D”

“Kamu bawa mimpi dan keyakinan kamu setiap hari, dan percaya bahwa kamu bisa – 5cm”

-SEKIAN-

Catatan :

Maaf jika ada kata-kata yang tidak berkenan di hati teman-teman.(dimaafin ngga guys? Dimaafin yah :D) karena pada dasarnya ini hanya ingin mencurahkan kenangan hati dan mudah-mudahan teman-teman terinspirasi dengan cerita diatas. Karena “Orang-orang hebat di bidang apapun bukan baru bekerja karena mereka terinspirasi, namun mereka menjadi terinspirasi karena lebih suka bekerja. Mereka tidak menyia-nyiakan waktu untuk menunggu INSPIRASI.” -Ernest Newman-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s