SOSIALISASI SISTEM TERBARU BEASISWA DAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

Hari selasa tanggal 29 mei 2012, tepatnya pukul 13.00 WIB, Gedung Balai Pertemuan Umum (BPU) Universitas Pendidikan Indonesia dipadati oleh ribuan mahasiswa UPI penerima beasiswa dari berbagai bidang. Diantaranya adalah penerima beasiswa PPA, BBM, Bidikmisi, dan yang lainnya. Gemuruh ribuan mahasiswa menghiasi suasana di gedung tersebut. Kapasitas gedung, beserta kursi tidak cukup untuk menampung seluruh mahasiswa yang hadir. Menurut Pembantu Rektor bidang kemahasiswaan dan kemitraan bahwa jumlah penerima beasiswa di kampus bumi siliwangi ini diperkirakan mencapai 30.000 mahasiswa.  Jumlah penerima tersebut hampir setengah dari jumlah keseluruhan mahasiswa UPI yang tercatat. Oleh karena itu, demi mensiasati kepadatan tersebut, sebagian mahasiswa duduk dan berdiri di belakang.

Pembantu Rektor bidang kemahasiswaan dan kemitraan, beserta para staff dari dirmawa sebelumnya telah merencanakan bahwa acara sosialisasi sistem beasiswa terbaru dan program kreativitas mahasiswa akan dilaksanakan secara dua gelombang, untuk penerima beasiswa bidikmisi dan non bidikmisi. Akan tetapi rencana tersebut tidak berjalan dengan mestinya bahkan mengambil inisiatif untuk di satu harikan. Ternyata, ini menjadi  kendala ketersediaan tempat untuk menampung ribuan mahasiswa di gedung BPU. Acara tetap dilanjutkan walaupun sebagian mahasiswa yang hadir harus berdiri karena tidak mendapatkan kursi.

Siang hari itu, dapat dikatakan sebagai langkah awal pembinaan semua mahasiswa penerima beasiswa dalam Program Kreativitas Mahasiswa. Bapak PR dan seluruh staff dari dirmawa berupaya untuk mensosialisasikan PKM kepada seluruh penerima beasiswa di UPI. Mengapa demikian, karena ini adalah bentuk kepedulian terhadap mahasiswa agar mampu menulis sebagai kecerdasan nalar. Semuanya akan dibina dan dilatih untuk menulis dan ikut serta dalam PKM bahkan melaju ke PIMNAS. Semua itu berawal dari studi banding yang dilakukan oleh pihak UPI melihat Universitas lain mengirimkan ribuan proposal PKM ke Ditjen Dikti. Mereka adalah mahasiswa penerima beasiswa. Semuanya antusias mengikuti PKM.

Banyak materi yang disampaikan oleh Pembantu Rektor dan staff dirmawa. Diantaranya adalah penjelasan rinci tentang PKM. Besar harapan kepada seluruh mahasiswa penerima beasiswa agar mengikuti PKM ini. Adapun informasi lebih rinci dapat dilihat di website dikti atau http://upi.edu dan file sudah bisa langsung diunduh disana. Untuk PKM-AI dan PKM-GT diinformasikan bahwa batas pengumpulan proposal PKM paling lambat minggu ke-3 bulan september. Setiap proposal akan dibiayai 50.000 untuk biaya fotocopy, print, dan lainnya. Jadi, mahasiswa yang mengajukan proposal sebenarnya tidak merasa dirugikan terhitung dari jumlah biaya yang dikeluarkan dalam pembuatan. Proposal dikirimkan langsung ke kantor Pembantu Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kemitraan.

Writen by Humas Lingkar BM UPI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s