Sejarah Forum

SEJARAH LINGKAR BIDIK MISI

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

        lingkar-bm-upi-2.pngBerangkat  dari pidato Proklamator kita Ir. Soekarno “Jangan sekali-kali melupakan sejarah”., kita juga ingin menghargai dan menuliskan mengenai sejarah forum ini semoga sampai kapanpun kita tidak lupa sejarah pembentukan forum. Dimulai pada tanggal 28 September 2010, 450 mahasiswa bidik misi Universitas Pendidikan Indonesia, dikumpulkan oleh Universitas di Balai Pertemuan Umum (BPU) untuk pengarahan mengenai uang perbulan dan bagaimana perkuliahan mahasiswa bidik misi secara keseluruhan. Dalam acara perkumpulan dan sosialisasi tersebut ikut serta dihadiri oleh Pa Jaka, Bu Ida (bendahara UPI), Pa Cecep Darmawan (direktur direktorat kemahasiswaan) yang bertanggungjawab terhadap Beasiswa Bidik Misi di UPI. Dalam pertemuan itu disampaikan juga oleh Pembina Kemahasiswaan Bpk. Cecep Dermawan mengenai zakat, sangat luar biasa sekali jika mahasiswa bidik misi bersyukur dengan berzakat untuk disisihkan kepada teman-teman kita yang kurang mampu.

         Berangkat dari kata-kata motivasi tersebut, salah satu mahasiswa dari Jurusan Psikologi yang bernama Ilmi berfikiran jika mahasiswa bidik misi UPI bisa berzakat 2.5% dari uang perbulan yang diterima, uang tersebut sangat bermanfaat untuk mahasiswa lain yang kurang mampu yang membutuhkan pertolongan dalam hal keuangan. Beliau mulai termotivasi untuk menjadi yang menggagas perkumpulan mahasiswa bidik misi UPI untuk membantu mahasiswa bidik misi khususnya, dan kepada seluruh mahasiswa UPI yang kurang mampu yang membutuhkan pertolongan pada umumnya.

         Pada bulan November 2010, untuk mempermudah pengumpulan seluruh mahasiswa bidik misi UPI Ilmi membuat Grup di Jejaring sosial Facebook yang diberi nama “Forum Silaturahmi Bidik Misi UPI” dan pada waktu itu yang menjadi anggotanya hanya 2 orang, yakni Ilmi dan Mariatul Qibtiah (Pend. Manajemen Perkantoran) namun kemudian semakin lama semakin bertambah hingga akhirnya menjadi banyak seperti pada saat ini. Pada tanggal 15 Desember 2010 ilmi menghubungi mahasiswa bidik misi untuk bersama-sama membangun perkumpulan Mahasiswa Bidik Misi UPI bertempat pada waktu itu di lantai 3 Mesjid Al-Furqon ITC UPI. Pada waktu itu yang datang sekitar 50 mahasiswa dan kita memberi nama perkumpulan itu “Forum Silaturahmi Bidik Misi UPI”, selain itu disepakati  beberapa keputusan yakni Ilmi sebagai Ketua Umum Sementara, pemilihan sekretaris, bendahara dan juga Koordinator Fakultas dan Koordinator Jurusan untuk jaringan komunikasi diantara sesama mahasiswa bidik misi UPI.

         Pada tanggal 22-23 April 2011 dilaksanakan Musyawarah Mahasiswa Bidik Misi (Mumadiksi) bertempat di Gedung Ilkom, FPMIPA-C UPI yang telah mengesahkan secara resmi keberadaan forum mahasiswa bidik misi di lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia dengan nama “Lingkar Bidik Misi UPI”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s